Senin, 28 Januari 2013

TUGAS 3 > IDENTIFIKASI TEKS NON SASTRA



Saran : Sebelum mengerjakan soal , sebaiknya anda pelajari wacana dibawah ini

Wacana  1
Mengidentifikasi ide teks non sastra dari berba gai sumber melalui teknik membaca ekstensif
Teks  1  :   Kesehatan Perlu Dijadikan Tujuan Utama Pembangunan

Di sejumlah negara ASEAN, kesehatan belum menjadi arus utama dalam pembangunan. Karena itu, setiap pemerintahan di ASEAN harus diyakinkan untuk menjadikan kesehatan sebagai tujuan utama dalam pembangunan. Introduksi Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index) sebagai salah satu ukuran kemajuan suatu negara, menegaskan pentingnya kesehatan dalam rencana pembangunan nasional.
Demikian penekanan mentri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan, Basri Hasanuddin, pada pembukaan Pertemuan Mentri Kesehatan ASEAN ke-5, Jumat (28/4) di Yogyakarta.
Kerjasama regional diyakini sebagai kunci kesiapan untuk memasuki era globalisasi dan liberalisasi perdagangan. Untuk menindaklanjuti ”Visi ASEAN 2020’yang diadopsi para kepala negara ASEAN dan memperkuat kerja sama untuk mencapai ”ASEAN Sehat 2020”, sepuluh mentri kesehatan ASEAN mengadakan pertemuan pada 28-29 April 2000 di Yogyakarta. Pertemuan didahului oleh pertemuan pejabat senior.
Basri Hasnuddin menggarisbawahi pentingnya kerja sama dan pentingnya bertukar pengalaman. ”Dengan bertukar pengalaman kita bisa belajar dari kebijakan tiap-tiap negara, pendekatan, pengetahuan, teknis, dan pengalaman. Saat ini tak ada satu pun negara yang benar-benar independen. Dalam banyak hal, kita harus bekerja sama untuk mengatasi masalah dalam berbagai aspek dan dimensi, termasuk kesehatan, gizi, dan farmasi untuk menghadapi milenium mendatang,” ujarnya.
Sementara itu, Achmad Sujudi menjelaskan, meskipun antara tahun 1991-2000 tidak ada Pertemuan Mentri Kesehatan ASEAN, ada pertemuan periodik subkomite kesehatan dan gizi.
Gugus Tugas tentang HIV/AIDS, kelompok kerja teknis bidang farmasi serta pertemuan mengenai berbagai masalah kesehatan lain. Pertemuan-pertemuan telah dilakukan, namun hasil pertemuan belum optimal.

Teks 2  :  Kesehatan Harus Jadi Arus Utama Pembangunan

Kesehatan harus dipandang sebagai mainstream pembangunan bersama pendidikan dan ekonomi. Kesehatan perlu dipandang sebagai investasi, bukan lagi sebagai cost atau biaya seperti yang dipahami saat ini. Hal itu dikemukakan Ketua Badan Pengurus Yayasan Indonesia Sehat 2010 (YIS 2010) Prof. Dr. Farid Anfasa Moeloek pada peresmian yayasan itu, Rabu (8/11), di Jakarta.
Moeloek yang baru terpilih sebagai President Elect Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam Muktamar IDI XXIV di Malang mengungkapkan, berdasarkan laporan United Nation Development Program (UNDP) tahun 1999, Indonesia menempati peringkat ke-105 dari 180 negara dalam penilaian Indeks Pembangunan Indonesia (Human Development Index/HDI).
Indeks itu sesungguhnya merupakan etalase yang mencerminkan tingkat kemakmuran, kesejahteraan, dan kesehatan suatu negara. Ada tiga domain yang dinilai HDI, yaitu kesehatan, pendidikan, dan ekonomi atau pendapatan masyarakat. Ketiga domain itu saling terkait erat. Jika melihat gambaran tersebut artinya sebagian besar orang-orang Indonesia saat ini dalam kondisi tidak sehat (sakit-sakitan), tidak berpendidikan (bodoh), dan tidak kaya (miskin).
”Sulit dibayangkan bagaimana bangsa Indonesia mampu berkompetisi dalam era globalisasi dengan kondisi itu. Bagaimana bisa berkompetisi dengan Kanada, A.S, dan Jepang yang masing-masing menduduki rangking satu, dua, dan tiga. Bahkan dengan negara-negara di ASEAN yang berada di peringkat antara 10-30-an,” ujar Moeloek.
”Jika otak adalah chip komputer, gizi kurang dan kesehatan rendah sksn membuatnya menjadi chip dengan memori rendah. Dalam kondisi itu, sulit memasukkan ilmu dan teknologi. Selain itu, tingginya polusi timah hitam dari gas buangan mobil ikut menurunkan kapasitas intelegensia anak-anak Indonesia, ditambah ancaman penyakit akibat asap rokok,”paparnya.

Hal yang umum dan ada mempunyai korelasi dengan wacana diatas, dapat kita munculkan pertanyaan dibawah ...
1.       Identifiksilah  ide pokok dari kedua teks di atas dengan menggunakan kalimat tunggal secara benar !
2.         Tentukan persamaan dan perbedaan tema/topik yang terdapat dalam kedua teks tersebut
3.         Tulislah isi ringkas masing-masing teks tersebut dalam beberapa kalimat
4.         Kelompokkan kalimat tunggal dalam kedua teks tersebut
5.         Kelompokkan kalimat luas dalam kedua teks tersebut
6.         Identifikasilah fungsi kalimat tunggal dalam kedua teks tersebut
7.         Buatlah contoh kalimat tunggal dan contoh kalimat luas
Selanjutnya pertanyaan dapat dikembangkan menurut keinginan penanya untuk menggali jawaban

Wacana   2
Menulis gagasan dg menggunakan pola urutan waktu & tempat dlm bentuk Narasi
Kesehatan Perlu Dijadikan Tujuan Utama Pembangunan

Narasi merupakan karangan atau cerita yang menyajikan rangkaian peristiwa / kejadian dan bagaimana berlangsungnya peristiwa itu yang disusun berdasarkan urutan waktu. Peristiwa itu boleh benar-benar terjadi , tetapi boleh juga hanya khayalan saja.
Contoh:
Saya tiba di Anchorage pada hari Minggu, musim panas Juli 2006, pukul 11.00. kemudian saya menaiki van antar jemput rute bandara pusat kota, bertarif enam dolar. Perjalanan ke kota memakan waktu sepuluh menit. Akan tetapi, sebelum ke pusat informasi pariwisata, sopir van tersebut berbaik hati mengajak saya berkeliling Dowtown Ancorage selama tujuh menit.
Pandai Berbahasa Indonesia, Kuswilono dkk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar