Senin, 28 Januari 2013

TUGAS 1 > IDENTIFIKASI UNSUR DARI BERITA



Saran : Sebelum mengerjakan soal , sebaiknya anda pelajari wacana dibawah ini


Wacana 1
A.      Memahami Isi Berita dengan Menjawab Pertanyaan

Simaklah baik-baik rekaman siaran berita TV yang akan diperdengarkan berikut ini! Dengarkan dan pahami informasi-informasi penting yang disampaikan. Jika rekaman tidak diperdengarkan, gurumu akan membacakan transkripnya.
Berita bertajuk ”Tidak memasang Bendera, Warga Didenda”, ditayangkan SCTV dalam program ”Liputan 6”, pada 18 Agustus 2006.
                Razia terhadap warga yang tidak memasang bendera merah putih bertepatan dengan hari Ulang Tahun Proklamasi merupakan yang pertama kali dilakukan Pemda DKI Jakarta. Masyarakat pun banyak yang tidak mengetahui akan adanya peraturan pemerintah tentang kewajiban memasang bendera karena tidak pernah disosialisasikan.
    Bertepatan dengan hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-61, Suku Dinas Tramtib Jakarta Selatan menggelar razia terhadap pemilik rumah dan perkantoran yang tidak memasang bendera merah putih. Warga yang terjaring langsung disidang di kantor Kelurahan Wijaya, Kecamatan Kebayoran Baru.
    Sejumlah petugas Tramtib mendatangi satu rumah di kelurahan Wijaya, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, karena tidak memasang bendera merah putih. Petugas tersebut langsung mendata dan meminta kartu tanda penduduk pemilik rumah untuk didaftarkan di persidangan yustisi. Dalam operasi yang berlangsung dalam tiga jam tersebut, didapati 20 rumah dan perkantoran yang tidak memasang bendera di halaman depan. Pihak Tramtib melakukan razia berdasarkan Peraturan Pemerintah tahun 1958.

Hal yang umum dan ada mempunyai korelasi dengan wacana diatas, dapat kita munculkan pertanyaan dibawah ...
1.         Siapakah petugas yang melakukan razia terhadap warga masyarakat yang tidak memasang bendera ?
2.         Berapa lama kegiatan razia itu berlangsung ?
3.         Apakah razia itu hanya untuk rumah-rumah penduduk ?
4.         Apakah razia itu sudah sering dilakukan ?
5.         Di daerah manakah razia itu dilakukan ?
6.         Apa yang dilakukan petugas terhadap warga yang tidak memasang bendera ?
7.         Apa dasar hukum pelaksanaan razia itu ?
8.         Mengapa warga tidak mengetahui bahwa ada kewajiban memasang bendera pada saat HUT Kemerdekaan RI ?
Selanjutnya pertanyaan dapat dikembangkan menurut keinginan penanya untuk menggali jawaban
Wacana 2
B.        Mengidentifikasi Unsur Intrinsik & Eksintrik
Mendiskusikan Nilai-Nilai Moral, Budaya, Pendidikan, Politik yang Terdapat dalam Cerpen

                Cerpen tidak hanya berisi tokoh dan alur cerita. Dalam cerpen, terdapat juga pemaparan latar cerita yang menggambarkan keterangan waktu, tempat, dan suasananya, baik suasanan emosional, alamiah, maupun sosial budaya. Dengan demikian, membaca cerpen bukan hanya membaca kisah hidup manusia, melainkan juga membaca latar cerita.
                Melalui penggambaran latar suasana sosial budaya masyarakat di mana tokoh hidup, pembaca dapat menemukan berbagai nilai yang berlaku di masyarakat tersebut. Nilai-nilai juga tercermin dari tingkah laku dan tindakan tokoh, kebiasaan tokoh, dan sikap pikiran tokoh saat menghadapai masalah serta melakukan interaksi dengan lingkungan alam dan sosialnya. Nilai-nilai yang tersirat dalam cerpen dapat memberi manfaat bagi kehidupan  pembaca. Membaca cerpen tidak sekadar untuk mendapatkan penghiburan, tetapi juga menjadi sarana pendidikan bagi pembaca.
Wacana  3

C.   Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum Resmi dengan Intonasi yang tepat
Keterampilan dalam berbicara tidak saja menghendaki penguasaan bahasa yang baik dan lancar. Beberapa persyaratan yang harus dimiliki untuk bisa berbicara adalah memiliki keberanian, ketenangan sikap di depan massa, sanggup mengadakan reaksi yang cepat, gerak-gerik tidak canggung dan kaku.

Hal-hal yang disampaikan ketika memperkenalkan diri sebagai berikut :
  1. Nama
  2. Tempat dan Tanggal Lahir
  3. Alamat
  4. Nama dan Alamat Orang Tua
  5. Riwayat Pendidikan
  6. Hobi
  7. Prestasi
Contoh kalimat untuk memper kenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi
·         penggunaan sapaan
·         penggunaan diksi
·         penggunaan struktur kalimat

Perhatikan contoh berikut ini 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Selamat pagi semuanya. Terima kasih kepada Bu Indah, yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memperkenalkan diri pada teman-teman. Sebelum memperkenalkan diri, perkenankan saya untuk mengungkapkan rasa bangga saya setelah diterima sebagai salah satu siswa di SMA Negeri 1 Kapongan ini, yang disebut-sebut sebagai sekolah favorit. Saya tidak pernah menyangka akan dapat diterima, karena saingannya memang sangat banyak.
Latihan
Bentuk Instrumen
·        Unjuk Kerja
·        Format Pengamatan
Jenis Tagihan
·        Praktik
·        Tugas Individu
·        Tugas kelompok

F.  Evaluasi

1.      buku yang berkaitan dengan argumen-tasi, buku yang terkait dengan tata bahasa
2.      Buku Kompeten Berbahasa Indonesia, Erlangga, Jakarta

E.  Media dan Sumber Bahan

Nama saya Sekar Arum, lahir di Surakarta pada tanggal 6 Oktober 1986. alamat rumah saya di jalan Kenanga I No. 19 Situbondo , tepatnya diTimur Stadion Abdur Rahman Saleh . Bagi teman-teman yang kebetulan lewat, jangan segan-segan untuk mampir. Ayah saya seorang polisi, sedangkan ibu saya sebagai perawat. Riwayat Pendidikan saya, sekolah dasar di SD Negeri 1 Surakarta dan SMPN 1 Surakarta. Saya memang pindahan dari Surakarta, Jawa Tengah karena mengikuti tugas ayah sebagai seorang polisi.
Saya sangat senang mengisi waktu luang dengan kegiatan menulis, yaitu menulis puisi dan cerpen. Berkat hobi menulis ini, saya pernah mendapatkan juara pertama lomba menulis cerpen yang pernah diadakan oleh sebuah media cetak yang terbit di kota kelahiran saya.
Saya kira cukup sekian perkenalan dari saya. Semoga dapat menjadi awal yang baik bagi hubungan pertemanan kita nanti. Apabila ada kata-kata yang tidak berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terima Kasih.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar